Kurban

Tips Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Agar Enak

Tips-Sehat-Mengonsumsi-Daging-Kurban-Agar-Enak

Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Tentunya masyarakat berbondong-bondong berkurban dan menikmati daging kurban.

Perlu diketahui, terdapat beberapa tips sehat loh untuk mengkonsumsi daging agar enak dan lezat. Pasalnya sebagian orang enggan mengkonsumsi hewan kurban karena merasa kurang enak, padahal sama saja.

Tips Sehat Agar Daging Kurban Enak, Dimulai Dari Pemilihan Sampai Pengolahannya

Terdapat aturan pemilihan hewan kurban sehingga tidak menimbulkan penyakit untuk masyarakat, apalagi daging akan dibagikan secara merata. Tatkala hendak berkurban, wajib mematuhi aturan hewan yang sudah dibolehkan untuk kurban dan tidak memaksakan kehendak hewan yang dilarang untuk kurban. Berikut ada tips sehat dari penyedia jual sapi limosin agar daging tetap enak untuk dikonsumsi:

  1. Memperhatikan Kesehatan Hewan Kurban

Sebelum membeli hewan kurban, pastikan anda mengecek kesehatan hewan kurban. Baik itu sapi, kerbau, kambing atau unta. Apalagi menurut syariat, memaksakan kehendak hewan yang sakit dapat menularkan penyakit pada masyarakat. Setelah anda membeli hewan kurban, pastikan anda menyayanginya ya, jangan sampai membiarkannya kelaparan sebelum dikurbankan.

Caranya, berikanlah kasih sayang padanya layaknya hewan ternak. Yaitu diberikan pakan, minum dan disediakan tempat berteduh sehingga nyaman sebelum dikurbankan. Jangan salah loh, perlakuan tersebut berpengaruh pada daging. Tatkala anda memperlakukan hewan dengan baik maka dagingnya akan enak dan empuk sehingga membuat masyarakat senang.

  1. Menjaga Perasaan Hewan Kurban Saat Pemotongan Dan Penyembelihan

Tips kedua agar daging kurban enak, wajib menjaga perasaan hewan tatkala dilakukan penyembelihan dan pemotongan. Pastikan penyembelihan dilakukan di tempat tertutup agar tidak dikerumuni orang maupun dilihat hewan kurban lainnya. Tujuannya agar hewan kurban tidak stress karena mengetahui dirinya menunggu giliran di potong, dengan begitu dagingnya empuk dan enak.

Selain itu menjaga kebersihan tempat penyembelihan dan pemotongan wajib diperhatikan agar daging terhindar dari berbagai bakteri. Segeralah menggantung hewan kurban usai di sembelih agar tidak terkena kontak dengan tanah maupun lantai yang banyak bakteri dan virus.

  1. Cara Penyimpanan Daging

Anda resah karena daging cepat busuk padahal baru beberapa jam? Hal itu karena salah penyimpanan daging. Tatkala anda ingin mengolah daging di hari kemudian, segeralah taruh di lemari es agar tidak busuk

Sejatinya, ke 3 tips di atas sangat penting agar daging kurban memberikan kenikmatan rasa untuk masyarakat. Berusahalah menerapkannya sehingga daging menjadi bahan makanan yang lezat dan istimewa di hari raya Idul Adha.