Pendidikan

Kenali Apa Itu Jurusan Arsitek

Kenali-Apa-Itu-Jurusan-Arsitek

Melihat bangunan unik sangat menarik bagi kami. Ketertarikan pada bangunan unik dengan tidak mengurangi fungsinya mendorong siswa untuk ingin mengeksplorasi pengetahuan ini dalam perkuliahan, tepatnya di Jurusan  Arsitektur.

Setiap hari, seiring dengan perkembangan teknologi, desain arsitektur bangunan bervariasi. Fungsi yang disediakan bahkan lebih banyak, beberapa bahkan berfungsi untuk melestarikan lingkungan.

Jika Anda tertarik masuk ke Jurusan Arsitektur, tentu saja Anda bisa memilih jurusan ini sebagai jurusan saat Anda kuliah nanti. Tetapi sebelum itu, untuk memperkuat pilihan Anda, mari kita baca artikel di bawah ini!

Apa itu Jurusan  Arsitektur?

Jurusan  Arsitektur termasuk dalam Fakultas Teknik dan sering disebut sebagai Teknik Arsitektur. Jurusan  Teknik Arsitektur itu sendiri adalah cabang seni dan sains yang mengajarkan cara merancang bangunan.

Tujuannya agar bangunan tersebut memiliki nilai estetika yang tidak mengurangi fungsi bangunan. Di Jurusan  Arsitektur nanti, Anda akan diajari pengetahuan yang dapat mendukung Anda untuk membuat bangunan bernilai estetika tinggi. Di jurusan  ini juga, Anda akan mendapatkan kursus seputar matematika, sains, teknologi, dan seni.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan  Arsitektur?

Di Jurusan  Arsitektur, rata-rata siswa menyelesaikan kuliah selama 5 tahun. Di sini, Anda tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga berlatih. Anda akan menggambar banyak desain bangunan.

Bahkan, Anda juga akan membuat tiruan atau replika bangunan tiga dimensi. Tentu saja skala dan ukuran diperhitungkan.

Kursus yang diajarkan di universitas termasuk Pengantar Arsitektur, Studio Desain Arsitektur, Pengembangan Arsitektur, Struktur Konstruksi Bangunan, Fisika Bangunan, Metode Desain Arsitektur, Arsitektur Kota, Manajemen Konstruksi, Hukum Pembangunan dan Lembaga, dan Etika dan Praktek Profesional Arsitektur.

Dalam proses kuliah nanti, Anda akan sering menggambar desain. Bahkan, Anda juga harus memiliki meja gambar khusus untuk menggambar desain arsitektur. Ditambah lagi, ketika skripsi nanti Anda biasanya harus memajang desain dan model yang telah Anda buat.

Karakter yang Cocok untuk Jurusan  Arsitek

Jurusan  Arsitektur memasuki Masyarakat Sains, jadi biasanya masuk ke jurusan ini membutuhkan siswa dari Jurusan  Sains.

Untuk memasuki jurusan  ini, Anda harus memiliki keterampilan yang baik di bidang perhitungan. Selain itu, kemampuan menggambar juga harus bagus, sehingga Anda bisa membuat desain dengan baik.

Tidak hanya itu, imajinasi seni juga harus bagus. Karena, selain Jurusan  Arsitektur, memprioritaskan fungsi dan perhitungan yang tepat dari bangunan, itu juga memprioritaskan nilai estetika bangunan.

Prospek Pekerjaan untuk Jurusan  Arsitektur

Jurusan  Arsitektur memiliki prospek kerja yang luas. Anda dapat bekerja di perusahaan atau berdiri sendiri untuk menjadi arsitek yang andal.

Anda dapat menjalani profesi sebagai drafter, yang bekerja dengan membuat gambar kerja dari sketsa dasar yang dibuat oleh arsitek lain.

Mirip dengan drafter yang terkait dengan persiapan, Anda juga bisa menjadi seorang Perencana Struktur, yang merencanakan struktur bangunan yang akan dibuat.

Selain itu, prospek pekerjaan sebagai pelaksana proyek juga terbuka lebar untuk lulusan Jurusan  Arsitektur. Ada juga profesi sebagai Manajer Konstruksi, Surveyor, Direktur Kontraktor, Manajer Lokasi, Direktur Konsultan Perencanaan, Manajer Proyek, dan tentu saja Anda dapat menjadi Arsitek di berbagai lembaga atau perusahaan.

Jurusan  Arsitektur sangat menarik, bahkan Anda dapat membuat terobosan di gedung-gedung saat ini yang diperebutkan oleh arsitek dunia. Jadi, jangan ragu untuk masuk ke Jurusan Arsitektur! Semoga bermanfaat ya bagi kalian, semangat.